Jumat, 02 Maret 2012

Bahaya Melamine Dalam Susu Bubuk


Bahaya Melamine Dalam Susu Bubuk



MENGAPA MELAMIN ADA DALAM SUSU BUBUK ?
OLEH: Siti Yuliati
Direktorat Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan

Skandal penambahan MELAMINE pada produk susu bubuk import China telah menggegerkan di banyak negara Asia, Eropa, Amerika termasuk Indonesia.
WHO dan UNICEF melaporkan pada beberapa waktu lalu, beberapa negara Asia, Eropa telah melarang produk susu bubuk import asal China yang terkontaminasi oleh MELAMINE.
Apa itu MELAMINE? Melamine BERUPA BUBUK PUTIH yang dipergunakan dalam pembuatan barang-barang terbuat dari plastik. melamine disintesa oleh peneliti Jerman tahun 1830. Yang paling banyak dipakai adalah dalam bentuk Melamine resin yakni: campuran melamine dan formaldehide digunakan dalam formica, floor tiles, whiteboards and kitchenware.

Mengapa menambahkan MELAMINE PADA SUSU BUBUK. Melamine KAYA akan nitrogen dan harganya murah, disamping warnanya yang putih sehingga sulit dideteksi dengan mata telanjang. Pada susu yang tidak memenuhi persyaratan karena standart rendah atau susu encer/ susu yang kadar airnya tinggi bila dibubuhkan melanin sedikit saja maka akan meningkatkan kadar protein pada susu bubuk tersebut sehingga waktu diadakan pengetesan pada susu, maka susu tersebut akan lolos dari peraturan penerimaan susu bahwa susu yang baik adalah mengandung kadar protein tetentu. Karena metode standart untuk menguji kadar protein susu bubuk atau susu cair memakai ukuran kandungan total nitrogen. karena alasan inilah melamine ditambahkan pada makanan anjing atau kucing.

Melamine inilah sebagai penyebab banyak kasus matinya kucing dan anjing di USA tahun lalu. Karena melamine ditambahkan pada gluten gandum dan bahan tambahan makanan binatang piaraan yang diekspor dari ChinaTindakan yang tidak bertanggung jawab ini, tujuan utamanya untuk meningkatkan kadarprotein makanan anjing dan kucing.

Siapa yang paling jadi korban. ???
Di China dilaporkan baru 4 orang bayi meninggal dunia ; 13 Ribu bayi lainnya masukrumah sakit setelah minum susu terkontaminasi melamine.
Di Hongkong dilaporkan ada 4 anak jatuh sakit sesudah minum susu bubuk dari China.Lebih dari 80% anak yg sakit usianya dibawah 2 tahun.; bayi yang hanya minum susubotol paling berbahaya terkena dampak negatif dari minum susu impor dari China.

Dampak jangka panjang apa yg akan terjadi ????
Bila mengkonsumsi susu bermelamine dalam waktu lama ? Sedikit sekali informasiilmiah tentang dampak melamine jangka panjang pada manusia. namun korban susubermelamine akan terkena gagal ginjal karena melamine dapat membentuk kristal disaluran ginjal. bahkan akan menutup saluran kencing.

Negara-negara yg terkena dampak susu bermelamine adalah :Bangladesh, Bhutan, Britain, Brunei, Burundi, Canada, China, France, Gabon, Ghana,Hong Kong, India, Japan, Malaysia, Myanmar, the Philippines, Singapore, South Korea, Taiwan, Tanzania, Togo, Vietnam, and Yemen.

22 perusahaan di China terbukti memproduksi susu bubuk yang sengaja dicampur dengan melamine. JOINT VENTURES antara New Zealand dairy giant Fonterra, dan partner bisnisnya Sanlu Group, perusahaan terkemuka penjual susu bubuk China yang terbukti mencemari susu bubuk dengan melamine. Sumber: Reuters. (dikutip dari www.ditjennak.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar